Research

PHINTAS Weekly Report 4 Maret 2019

Wall Street index mengalami rebound setelah ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan lalu (1/3), dengan Nasdaq dan S&P500 menyentuh level tertingginya sejak awal tahun. Secara ytd, Wall Street telah menguat 11%-15%, salah satu pemicunya adalah The Fed yang cenderung dovish dalam kebijakan suku bunganya. Sementara penguatan Wall Street akhir pekan lalu (1/3) dipicu oleh kabar bahwa pemerintah AS sedang mempersiapkan pertemuan untuk kedua Presiden di pertengahan Maret untuk membahas kesepakatan dagang. Selain itu, pasar juga merespon positif rencana rilisnya peraturan resmi penundaan kenaikan tarif impor terhadap produk Tiongkok oleh AS. Hal tersebut membuat optimisme pelaku pasar meningkat terhadap instrumen berisiko seperti saham.

 

Mendapatkan arahan dari Wall Street (1/3) yang dipicu kabar positif dari perkembangan negosiasi dagang, perdagangan awal sebagian besar bursa regional di awal pekan ini (4/3) cenderung menguat, ASX200 (+0.62%), KOSPI (+0.67%), dan Nikkei (+0.94%).

 

Pada perdagangan awal pekan ini (4/3), IHSG berpeluang untuk menguat di kisaran 6500-6550. Selain sentimen positif eksternal di atas, sentimen pendukung lainnya adalah tingkat inflasi domestik di bulan Februari sebesar 2.57%, lebih rendah dari sebelumnya sebesar 2.82% disebabkan turunnya harga bahan makanan. Hal ini berdampak positif terhadap daya beli masyarakat di bulan-bulan mendatang.

 

Top